Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS Pada 20 November 2022 - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Kaltim POLITIK SAMARINDA

KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS Pada 20 November 2022

Ketua KPU.RI, Hasyim Asy'ari. (foto.ist)

JAKARTA – Dalam rangka persiapan pembentukan Penitia Pemilihan kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024, KPU mengelar Rapat Konsolidasi dan Sosialisasi regulasi pembentukan badan ad hoc tersebut. Adapun tujuan digelarnya Rakor yang dibuka oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari tersebut, sebagaimana dilansir dari laman kpu.go.id adalah guna penguatan rencana aksi dan implementasi kebijakan yang sinergis dan harmonis, dari pusat sampai kabupaten/kota, serta konsolidasi kebijakan strategis dan antisipatif, dalam tahapan pembentukan PPK dan PPS.

Dalam laporannya, Plt Kepala Biro SDM, Yuli Hertaty menjelaskan tujuan dari digelarnya rapat ini, adalah mengkonsolidasikan jajaran KPU dalam pelaksanaan pembentukan PPK dan PPS, untuk mendukung tahapan penyelenggaraan pemilu dengan proses seleksi, bertujuan untuk menghasilkan SDM penyelenggara pemilu yang tangguh, kuat, dan solid.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari didampingi Anggota KPU Parsadaan Harahap, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, dan Mochammad Afifuddin serta Sekretaris Jenderal KPU, Bernad Dermawan Sutrisno dalam arahan mengatakan, seperti halnya pemilu, setiap kegiatan ada tahapannya. Untuk pembentukan badan ad hoc misalnya, yakni mulai dari meriviu, mengevaluasi keberadaan badan ad hoc Pemilu 2019 dan Pilkada 2020. “Semua tahapan tersebut dijadikan bahan untuk mengevaluasi, mereviu, dan menata ulang penyusunan peraturan KPU badan ad hoc, termasuk menyiapkan juknisnya,” kata Hasyim.

Terkait juknis, Hasyim meminta untuk mencermatinya kembali, karena secara subtansi, juknis yang saat ini sudah jadi adalah juga dokumen hukum. Oleh karena itu, teks dalam juknis tidak boleh ada kesalahan ketik atau typo, sehingga juknis ini bisa menjadi bekal penyelenggara dalam tahapan rekrutmen badan ad hoc.

Lanjutnya, inovasi berupa SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc) dalam proses pembangunannya, KPU telah melakukan uji coba internal, kemudian KPU telah menggelar sosialisasi, bimtek menjelaskan tentang pengenalan aplikasi SIAKBA, serta pelatihan teknis penggunaan aplikasinya kepada operator KPU kabupaten/kota.

Related posts

OSO Tetapkan Surpani Sulaiman Jadi Ketua Hanura Kaltim

admin

41.493 Ha Kawasan Hutan Bakal Dilepas untuk IKN Nusantara

admin

Jokowi Ungkap Perbedaan Istana Merdeka dengan Istana Presiden di IKN Nusantara

admin
Media Centre