Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
MK Tolak Gugatan Pernikahan Beda Agama - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional

MK Tolak Gugatan Pernikahan Beda Agama

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). foto istimewa.

MAHKAMAH konstitusi (MK) memutuskan menolak keseluruhan gugatan uji materi atau judicial review (JR) Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 terkait Pernikahan Beda Agama. Gugatan yang dilayangkan oleh seorang pria bernama E. Ramos Petege, terdaftar dengan nomor perkara 71/PUU-XX/2022. Ramos menggugat UU Perkawinan yang mewajibkan pernikahan dilakukan oleh umat yang memeluk agama yang sama.

Dalam hal ini, Ramos merupakan umat Katolik asal Papua, dia mengajukan uji materi UU Perkawinan, setelah gagal menikahi perempuan beragama Islam. Pernikahan Ramos dengan kekasihnya terhalang lantaran Pasal 2 Ayat (1) UU Perkawinan menyebutkan bahwa “perkawinan dikatakan sah, bila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu”.

Menurut Ramos, ketentuan itu membuatnya ia kehilangan kemerdekaannya dalam memeluk agama dan kepercayaan yang dijamin oleh Pasal 29 Ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945, karena ia mesti berpindah agama, bila mau menikahi kekasihnya yang berbeda agama.

Related posts

Soal Keinginan Prabowo, Jadikan Gasnjar Cawapres, Gerindra: Tergantung Takdir

admin

Usai Pemilu, MPR Akan Amendemen UUD 1945

admin

PUPR Dapat Angggaran Rp125 Triliun, untuk IKN Berapa Ya?

admin
Media Centre