Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
BW: Dokumen Bocor, Firli Bahuri dan Alex Marwata Bisa Jadi Tersangka - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional

BW: Dokumen Bocor, Firli Bahuri dan Alex Marwata Bisa Jadi Tersangka

Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengatakan Ketua KPK Firli Bahuri bisa ditetapkan menjadi tersangka lantaran diduga membocorkan dokumen hasil penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

JAKARTA – Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengatakan, Ketua KPK Firli Bahuri bisa ditetapkan menjadi tersangka, lantaran diduga membocorkan dokumen hasil penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Pada kondisi seperti itu, maka Firli sudah dapat dinyatakan sebagai tersangka, bukan lagi sekedar pihak yang melakukan pelanggaran etik dan perilaku,” kata BW dalam keterangan tertulis, Minggu (9/4).

BW lanjut menyebutkan, setidaknya ada 4 Undang-undang yang dapat digunakan untuk menjerat Firli sebagai tersangka, dalam kasus pembocoran dokumen. Antara lain Pasal 36 UU KPK, Pasal 21 UU Tipikor, Pasal 112 KUHP, dan Pasal 54 jo Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

BW lanjut menyebutkan, begitu juga dengan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, bisa dijerat bersama Firli. Menurutnya, Alex begitu aktif dan reaktif untuk “membantu dan melindungi” Firli dalam dugaan pembocoran dokumen tersebut. “Sehingga dapat ditarik sebagai pihak yang turut serta melakukan perbuatan atau membantu melakukan kejahatan di atas,” ujarnya.

Related posts

Jokowi Teken Perpres Percepatan Pembangunan Bandara VVIP IKN

admin

PSHK: Terbukti Langgar Kode Etik, Ketua KPU Sebaiknya Mundur

admin

Ketua MPR dampingi Presiden Jokowi Luncurkan RPJPN 2025–2045

admin
Media Centre