Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Denny JA: 4 King Maker Dilema Hadapi Pilpres 2024 - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
PEMILU POLITIK

Denny JA: 4 King Maker Dilema Hadapi Pilpres 2024

LSI Denny JA memproyeksikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menjadi king maker atau penentu peta politik pada Pilpres 2024. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Hasil survei terbaru dilakukan Lingkaran Survey Indonesia Denny Januar Ali (LSI Denny JA) memproyeksikan 4 pimpinan partai politik, bakal menjadi king maker atau penentu peta politik pada Pilpres 2024 mendatang. Mereka antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dalam survei terbarunya, LSI menyebut keempat tokoh politik yang juga ketua umum di partai masing-masing tersebut, dinilai merekalah yang akan menentukan jumlah poros koalisi. “LSI Denny JA mencatat tumbuhnya empat king maker yang akan menentukan maksimal tiga pasang capres,” demikian dikutip dari rilis LSI Denny JA, pada Selasa (20/12).

Penentuan 4 pimpinan partai sebagai king maker, berdasarkan sejumlah variabel. Megawati misalnya, selaku orang nomor satu di PDIP sebagai satu-satunya partai pemilik tiket untuk mengusung capres dengan 22,26 persen suara atau 128 kursi di DPR. Berikutnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar, telah membentuk poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan PPP dan PAN. Ketiga partai telah memenuhi syarat pencalonan dengan total 148 kursi.

Sementara Prabowo merupakan satu satu nama yang selalu masuk 3 besar kandidat capres di sejumlah hasil survei. Partainyapun telah berkoalisi dengan PKB dengan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Di sisi lain Surya Paloh telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres dan intens berkomunikasi dengan Demokrat dan PKS untuk membentuk koalisi.

Related posts

Penentang Sistem Proporsional Tertutup Daftar ke MK sebagai Pihak Terkait

admin

Mahfud MD : Politik Identitas Boleh, Tapi Tidak Untuk Menjatuhkan

admin

Eks Pimpinan Usul DKPP Jadi Lembaga Mandiri

admin
Media Centre