Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
DPC Hanura Diminta Persiapkan Kelengkapan Jelang Verifikasi Parpol - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Kaltim

DPC Hanura Diminta Persiapkan Kelengkapan Jelang Verifikasi Parpol

Ketua Bapilu DPD Partai Hanura Kaltim, Agussalim

SAMARINDA – Meski waktu pelaksanaan verifikasi adminsitrasi maupun verifikasi faktual, masih lama pada Oktober 2022 mendatang. Namun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Kaltim, meminta kepada seluruh Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) segera melengkapi seluruh persyaratan, baik administrasi, keanggotaan dan kelengkapan fisik lainnya, guna menghadapi verifikasi faktual dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing Kabupaten dan Kota se-kaltim.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Hanura Kaltim, Agussalim S.Sos, M.I.Kom, kepada tim media centre, Senin (25/7/2022) kemarin. “Mekanisme pendaftaran partai politik, tentu DPP yang mendaftar langsung ke KPU RI, sesuai jadwal pada tanggal 1-14 Agustus 2022 nanti. DPP saat mendaftar, menyerahkan seluruh SK kepengurusan baik DPP, DPD sebanyak 34 provinsi dan DPC seluruh Indonesia, minum 3 provinsi baru hasil pemekaran provinsi Papua,” jelas Agussalim.

Selanjutnya, sambung Agus, setelah partai resmi didaftarkan DPP di KPU RI, kemudian oleh KPU daerah dilakukan verifikasi administrasi, yakni memeriksa keabsahan SK kepengurusan, jumlah keanggotaan apakah sudah sesuai dengan batas minimal yang telah ditetapkan KPU, serta keberadaan kantor kesekretariat. Jika secara faktual lengkap, kemudian KPU Provinsi memeriksa kelengkapan adminsitrasi maupun faktual ditingkat provinsi.

“Kalau Kaltim ada 10 kabupaten dan kota, maka syarat minimal kepengurusan partai wajib terbentuk di 8 kabupaten dan kota. Tapi Insya Allah partai Hanura di Kaltim, 100 persen bisa terbentuk, apalagi waktu verifikasi waktunya masih panjang pada oktober nanti,” katanya.

Setelah terverifikasi di tingkat provinsi, sambung Agussalim, lalu KPU Kaltim membawa seluruh berkas partai ke KPU Pusat untuk diverifikasi tentang keabsahan SK kepengurusan, surat menyuratnya, keanggotaannya dan selanjutnya diplenokan.

“Meski saat ini di Indonesia ada pemanbahan 37 provinsi, termasuk 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) hasil pemekaran di Papua,  yakni Papua Selatan dengan ibu kota berada di Merauke, lalu Papua Tengah ada di Nabire, dan Papua Pegunungan ada di Jayawijaya. Namun 3 DOB tersebut  tidak perlu dibentuk kepengurusa, kecuali pada Pemilu 2029 mendatang,” jelasnya.

Related posts

Miliki Pabrik Sendiri, Waskita Suplai Readymix untuk Bangun Istana dan Jalan IKN

admin

Amankan Tahapan Pemilu 2024, KPU Kaltim Audiensi ke Kapolda Kaltim

admin

Hanura Kaltim Bantu Korban Kebakaran, Berupa Sembako dan Pakaian Layak

admin
Media Centre