Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
DPR Hadiri Sidang Uji Materi MK, Terkait Sitem Pemilu - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional PEMILU

DPR Hadiri Sidang Uji Materi MK, Terkait Sitem Pemilu

Anggota DPR RI Supriansa, hadir di MK memberikan pendapatnya, mewakili 8 fraksi yang sepakat menggunakan Sistem Proporsional Terbuka, foto dpr.go.id.

DEWAN Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) beberapa waktu lalu, menghadiri sidang uji materi (judicial review) di Mahkamah Konstitusi, terkait gugatan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dalam perkara nomor 114/PUU-XX/2022. Gugatan tersebut, pada intinya, menggugat menginginkan penerapan Sistem Proporsional Terbuka yang berjalan saat ini di ubah menjadi proporsional tertutup. Oleh karenanya, kehadiran DPR baik berasal dari fraksi yang mendukung penerapan Sistem Proporsional Terbuka maupun dari fraksi yang mendukung Sistem Proporsional Tertutup, untuk memberikan pendapatnya pada sidang Uji Materi di MK.

Mewakili 8 fraksi yang sepakat menggunakan Sistem Proporsional Terbuka, Supriansa, menjelaskan bahwa sistem tersebut perlu dipertahankan untuk tetap digunakan dalam Pemilu 2024. Alasannya, sistem ini dinilai sangat demokratis dengan melibatkan masyarakat secara luas, untuk memilih wakil-wakilnya di parlemen.

“Delapan fraksi, (yaitu) Partai Golkar, Partai Gerindra, NasDem, PKB, PKS, PAN, PPP dan Partai Demokrat. Semuanya sepakat bahwa Sistem Proporsional Terbuka adalah sebuah sistem pemilu yang sangat demokratis, karena melibatkan secara luas masyarakat Indonesia untuk memilih wakil-wakilnya, yang akan duduk di DPR, DPRD kabupaten/kota dan provinsi,” jelas Supriansa saat ditemui seusai menghadiri sidang di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, pada Kamis (26/01/2023).

Related posts

Soal 100 Pulau Dilelang,  Muhaimin: NKRI Harga Mati

admin

Kapolri Mutasi 473 Personel, 7 Kapolda dan 3 Pejabat Utama Mabes Polri

admin

UNDP-Otorita Teken MoU Bangun IKN Berkelanjutan

admin
Media Centre