Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Kaltim

Dukung Pemindahan Ibu Kota, Rektor ITB Kunjungi IKN Nusantara

Rektor institut teknologi Bandung (ITB) bersama tim mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (9/3) untuk meinjau langsung pembangunannya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. foto istimewa.

KALTIM – Rektor institut teknologi Bandung (ITB) bersama tim mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (9/3) untuk meinjau langsung pembangunannya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.  Sebagaimana dilansir dari laman itb.ac.id, disebautkan bahwa kunjungan ke IKN  dalam rangka melihat langsung, proses pembangunan IKN dan juga untuk menyusun kegiatan yang dapat ITB kontribusikan bagi IKN, terutama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebelumnya, ITB menjadi perguruan tinggi pertama yang menjalin MoU dengan Otorita IKN yang dilaksanakan pada Sabtu 29 Oktober 2022 silam. Acara yang  diselenggarakan di Gedung CIBE (Center for Infrastructures and Built Environment) ITB itu, menjadi spesial karena dirangkai bersamaan digelarnya acara reuni akbar, sekaligus prosesi penandatanganan MoU ITB dengan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang kini dipimpin oleh Bambang Susantono, Alumni Teknik Sipil 1982 dengan Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph. D.

Rektor ITB bersama tim berfose di kawasan IKN Nusantara. foto istimewa.

Nota kesepahaman bersama dijalin berkaitan dengan kontribusi kedua pihak dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud ITB menjadi perguruan tinggi Indonesia. Adapun ruang lingkup yang disepakati adalah sebagai berikut.

  1. Kerja sama dalam digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN, dan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat;
  2. Pengimplementasian teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak secara proporsional dan efektif terhadap transformasi dan digitalisasi pembangunan dan pengelolaan IKN;
  3. Pengembangan SDM melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan;
  4. Pengembangan dan peningkatan potensi SDA melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian;
  5. Perencanaan dan pembangunan yang tepat, terarah, terpadu, dan berkelanjutan melalui.

Menurut Prof. Reini, alumni adalah duta ITB karena ke mana pun ia berkarya, nama ITB akan selalu melekat dalam dirinya. Prestasi alumni adalah prestasi ITB pun sebalikya.Oleh karena itu, hingga kini Alumni Teknik Sipil ITB atau program studi lain, memiliki misi yang sinergis untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, untuk angkatan-angkatan selanjutnya dan secara umum untuk ITB sendiri. Program-program yang ditawarkan antara lain bantuan beasiswa pendidikan, pengajaran mata kuliah umum, penghimpunan dana lestari, dan masih banyak lagi.

Sejalan dengan alasan terbesar Bambang menerima tawaran untuk menjadi Kepala Otorita IKN, ketika bangsa memanggil, ITB harus menjawab panggilan tersebut. Kekuatan tekad inilah yang menjadi pondasi penting terjalinnya sebuah hubungan. “Ketika akhirnya menerima tawaran menjadi kepala otorita, semata-mata saya teringat pesan bapak saya yakni pertama kalau ada panggilan negara jangan ditolak, karena itu merupakan jembatan ilmu dan amal. Kedua yang namanya jabatan itu cuma baju. Di mana pun kita berada, kita adalah kita,” ujar Bambang dalam sambutannya.

IKN lagi-lagi bukan sekadar ibu kota baru belaka, melainkan sebuah transformasi besar-besaran bangsa ini dari berbagai aspek keilmuan sekaligus. Menurut Bambang, IKN itu terdiri atas 3 kata yakni Investment, Knowledge, dan Network. Oleh karenanya, IKN bersikeras untuk mewujudkan kota hutan yang berkelanjutan dengan membiarkan 3/4 lahannya menjadi kawasan hutan. Untuk mewujudkannya tentu perlu banyak pengetahuan dan terobosan. Harapannya pada tahun 2024 nanti mencapai target livable dan lovable city dengan dibangunnya beberapa fasilitas awalan.

Related posts

18 Jabatan di Otorita IKN Masih Kosong

admin

Megawati : Kualitas Udara di IKN, Jangan Seperti Jakarta

admin

Kota Astana Kazakhstan Jadi Sister City untuk IKN Nusantara

admin
Media Centre