Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Indonesia dan Singapura Sepakati 20 Kerja Sama di Sejumlah Bidang - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Nasional

Indonesia dan Singapura Sepakati 20 Kerja Sama di Sejumlah Bidang

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, Kamis (16/03/2023), di Singapura. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, Kamis (16/03/2023), di Singapura. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, pada Kamis (16/3) mengadakan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Singapura, guna membahas sejumlah hal penting dan akhirnya kedua pemimpin negara ini, menyepakati sejumlah kerja sama di berbagai bidang.

“Secara keseluruhan dalam pertemuan kali ini terdapat 20 letter of intent milik swasta Singapura untuk investasi di IKN Nusantara, kemudian 9 MoU B to B di bidang healthcare dan digital, dan 7 MoU G to G, antara lain di bidang energi, kesehatan, dan digital,” ucap Presiden dalam pernyataan pers bersama PM Lee Hsien Loong usai pertemuan, sebagaimana dilansir dari laman setkab.go.id.

Terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden menyambut baik besarnya minat investor dari Singapura. Selain itu, Kepala Negara menyambut baik kesepakatan kedua negara untuk meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT). “Investasi di bidang energi baru terbarukan, yang antara lain akan digunakan untuk pemenuhan energi kedua negara,” ucap Kepala Negara.

Selanjutnya, Presiden menyambut baik kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura, dalam bidang digital serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi informasi. “Kerja sama di bidang digital, informasi, dan data centre, dan kerja sama pengembangan SDM di bidang teknologi informasi. Dan, saat ini terdapat Apple (Developer) Academy dan IBM Academy di Batam,” ujarnya

Presiden Jokowi juga menyambut baik kerja sama antara kedua negara dalam bidang perdagangan, salah satunya melalui produk peternakan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di Singapura. “Di bidang perdagangan mulai masuknya produk peternakan Indonesia, untuk memasok kebutuhan ayam di Singapura,” ujarnya.

Terakhir, kedua negara sepakat untuk melakukan penguatan pelayanan kesehatan di tanah air. “[Kerja sama] penguatan pelayanan kesehatan dasar dan teknologi kesehatan, serta investasi pengembangan rumah sakit di Indonesia,” pungkasnya. 

Editor : TMC 

Related posts

KPU RI Beri Jaminan, Terkait Kerahasiaan dan Keamanan Data Pribadi Pemilih

admin

MK Pastikan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Konstitusional

admin

Imbas Laporan Rp 349 T, PPATK Bakal Dipolisikan MAKI

admin
Media Centre