Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Kaltim

Inilah Kaveling 100 Hektare untuk Istana Presiden di IKN Nusantara

Inilah kaveling Istana Presiden di IKN Nusantara yang pembangunannya dimulai tahun ini. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

PENAJAM PASER UTARA – Pembangunan Istana Presiden dan gedung perkantoran pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) akan segera dimulakan pada tahun ini juga.

Perjalanan ke IKN menggunakan kapal cepat menyusuri Teluk Balikapan hingga ke Jembatan Pulau Balang. Jembatan dengan konstruksi kabel stayed dan beton terpanjang kedua di dunia itu, menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN di PPU. Menurut Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur Junaidi, jalan tol ke KIPP via Jembatan Pulau Balang akan dibangun sampai 2024.

Wartawan JPNN.com bersama peserta temu media di IKN berkunjung lokasi Ibu Kota Negara, Jembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan di Teluk Balikpapan, Sabtu (5/11/2022). Terowongan bawah laut juga akan dibangun di dasar perairan ini. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

Jika jalan tol tersebut selesai dibangun, estimasi waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke Istana Presiden sekitar 50-60 menit saja. Namun, waktu tempuh makin singkat jika melewati jalur tol segmen 4 dan terowongan bawah laut (immersed tunnel) sepanjang 1 kilometer.
Akan tetapi, pembangunan immersed tunnel dengan anggaran sekitar Rp 3 triliun diperkirakan selesai setelah 2024, karena butuh waktu 3-4 tahun membangunnya.

“Diperkirakan kalau ini nanti sudah jadi (melewati terowongan), waktu tempuh dari bandara (Balikpapan) ke Istana Presiden lebih kurang 30 menit,” ujar Junaidi.

Dalam perjalanan, Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi IKN Siddik Pramono mengajak mampir untuk melihat dari dekat kemegahan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dengan IKN Nusantara di Penajam Paser Utara.

Jembatan Pulau Balang. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

Jembatan itu saat ini belum difungsikan lantaran pembebasan sebagian lahan menuju Balikpapan masih berproses. Di dekat jembatan ini terdapat Pulau Buaya yang dipertahankan keberadaannya. Jika beruntung, Anda bisa melihat reptil itu berjemur di sana. “Saya pernah melihat buaya melintas,” ucap seorang anggota Brimob Polda Kaltim yang bertugas di pos Jembatan Pulau Balang.

Related posts

Komisi II Ajak Masyarakat Jaga Stabilitas Politik Jelang Pemilu 2024

admin

Presiden Targetkan Juni 2024, Pembangunan Rumah Menteri di IKN Rampung Dikerjakan

admin

DPRD Pastikan IKN Masuk Wilayah Kaltim

admin
Media Centre