Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Nasional

Jepang, China dan Eropa Antri Investasi di IKN Nusantara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melaksanakan pembangunan Intake Sungai Sepaku di kawasan IKN Nusantara. foto istimewa.

JAKARTA – Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur, menarik minat investasi, baik datang dari dalam maupun luar negeri. Dengan mengusung konsep kota hijau masa depan, IKN Nusantara menawarkan sejumlah paket pengerjaan infrastruktur kepada investor, untuk bisa menanamkan modalnya.

Ketua Tim Penasihat Transisi IKN Bambang Brodjonegoro mengatakan, antrian investasi datang dari Jepang, China dan Uni Eropa. Mereka bahkan telah menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi proyek IKN Nusantara. “Ada dari Jepang, China dan beberapa negara Eropa lain, sudah mengatakan ketertarikannya dan melihat apa saja mereka bisa terlibat,” kata Bambang saat ditemui di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Dikemukakan Bambang, ada beberapa investor telah menyepakati kontrak kerja sama dengan pemerintah. Namun, ia belum bisa merinci lebih jauh terkait itu. Mantan Menteri Riset dan Teknologi ini pun memastikan, pemasukan investasi di IKN, bakal segera terimplementasi tahun ini. Mayoritas investor bergerak di sektor enegi baru terbarukan (EBT), pembangunan perumahan, dan infrastruktur dasar. Sebagai contoh, pembangunan infrastuktur dan properti untuk akses jalan dan hunian bagi para calon penduduk IKN Nusantara, yakni para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lainnya.

Sesuai dengan visi masa depan, pemerintah juga ingin menjadikan IKN Nusantara sebagai kota percontohan di dunia, yang menerapkan energi terbarukan (renewable energy). Sehingga investasi di bidang energi hijau ini tak bisa ditawar-tawar lagi. “Energi khususnya renewable, dan kedua properti karena kebutuhan rumah tuh gak bisa ditawar-tawar lagi. Sedangkan energi renewable gak bisa ditawar lagi, karena kita sudah kota ini haruslah menjadi kota percontohan,” ujar Bambang.

Related posts

Awiek : Nggak Ada Rumusnya Prabowo-Ganjar, Kecuali Ganjar-Prabowo Mungkin Ada

admin

Dukung Pemindahan Ibu Kota, Relawan Jokowi Akan Berkemah di IKN

admin

Lemhanas: IKN Central Kekuatan Indonesia

admin
Media Centre