Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Jokowi : APBN 2023 di Fokuskan 6 Kegiatan Termasuk IKN - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional News

Jokowi : APBN 2023 di Fokuskan 6 Kegiatan Termasuk IKN

Lihat Foto Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerima langsung Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022) (Dok. Kemendagri)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, salah satu fokus penggunaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2023, adalah untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut dikemukakan Jokowi, saat menyampaikan sambutan pada penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Menurut Presiden Jokowi, setidaknya ada 6 fokus pemerintah dalam memanfaatkan APBN 2023 antara lain sbb :

  1. Penguatan kualitas SDM.
  2. Akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial. Ini untuk memperbaiki data terpadu kesejahteraan sosial, antara lain melalui registrasi sosial ekonomi.
  3. Melanjutkan pembangunan infrastruktur prioritas, khususnya infrastruktur pendukung transformasi ekonomi.
  4. Pembangunan infrastruktur untuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, termasuk di dalamnya adalah Ibu Kota Nusantara (IKN).
  5. Revitalisasi industri dengan terus mendorong hilirisasi.
  6. Pemantapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi.

Lanjut  dikatakan Jokowi, fokus kebijakan tersebut membutuhkan pengawalan yang ketat di lapangan. Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh kementerian, lembaga, juga pemerintah daerah, agar mengendalikan secara detail belanja-belanja yang ada. Presiden Jokowi kemudian meminta jajarannya tidak terjebak rutinitas, serta memperbesar pembelian produk-produk dalam negeri, khususnya produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Related posts

KPU Optimistis PN Jakpus Tolak Gugatan Partai Berkarya

admin

KPU : Baru 8 Parpol Serahkan Berkas, Hari Ini Terakhir Perbaikan Administrasi Bacaleg

admin

Jika Tak Kooperatif, Ombudsman akan Jemput Paksa Firli (Ketua KPK)

admin
Media Centre