Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional PEMILU POLITIK

KPU : Data Pemilih Pemilu 2024 Capai 204,55 Juta

KPU menyebutkan data yang digunakan sebagai dasar pemutakhiran data pemilih saat ini tercatat 204.559.713 pemilih dalam Pemilu 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

JAKARTA – Jajaran petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data, yang hasilnya tercatat jumlah Pemilih yang akan mencoblos pada Pemilu 2024 mencapai 204.559.713 pemilih. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari, usai menyaksikan langsung proses coklit yang dilakukan Pantarlih Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, terhadap orang nomor satu di republik ini, yakni Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. “Data yang digunakan sebagai dasar pemutakhiran data pemilih sekarang ini, tercatat sebanyak  204.559.713 pemilih,” ujar Hasyim di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (14/3/2023).

Hasyim lanjut mengatakan, data pemilih yang digunakan sebagai alat kerja coklit pantarlih terdiri atas 2 instrumen. Pertama adalah data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari dikeluarkan pemerintah. Kedua data pemilih terakhir atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terdahulu yang dimiliki KPU. “Berdasarkan dua data tersebut, lalu disinkronisasi dan itulah data pemilih yang digunakan sebagai alat kerja bagi teman-teman pantarlih ketika pemutakhiran data pemilih,” jelas Hasyim.

Sebagaimana diketahui, seorang Pantarlih di Kelurahan Gambir Jakpus bernama Febby Azza Nurhakim pada Selasa (14/3) melakukan proses Coklit Data Pemilih Presiden dan Ibu Negara di Istana Merdeka, disaksikan langsung Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos. Usai melakukan Coklit data, Presiden Jokowi menuturkan, proses tersebut membuktikan dirinya dan Iriana sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024.

Oleh karenanya, Presiden mengimbau seluruh masyarakat untuk berperan aktif mengecek apakah nama masing-masing sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024. “Saya mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat untuk mengecek namanya di website KPU. Apabila belum terdaftar segera melaporkan ke KPU setempat,” ujar Jokowi.

Related posts

Kasus Dugaan Pelecehan Wanita Emas Dicabut

admin

Andrianof Chaniago Yakin Pembangunan IKN Sesuai Cetak Biru Pemerintah

admin

Ketua Banggar: DPR Belum Terima Usulan Nama Calon Gubernur BI

admin
Media Centre