Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
KPU Kembali Teken MoU dengan Polri Hadapi Pemilu 2024 - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional PEMILU

KPU Kembali Teken MoU dengan Polri Hadapi Pemilu 2024

Ketua KPU Hasyim Asy'ari Teken MoU dengan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, guna menghadapi Pemilu 2024. foto kpu.go.id.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, kembali menandatangani kerja sama dalam bentuk Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), masing-masing ditandatangani Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam rangka Sinergisitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Sebagaimana dilansir dari laman kpu.go.id, Hasyim dalam sambutannya mmengatakan, MoU KPU dengan Polri ini merupakan pembaruan kerja sama sebelumnya, terkait kondisi dan situasi baru yang harus disikapi bersama. Kesepahaman ini sebagai bentuk dukungan Polri, dalam pengamanan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, sesuai tugas kepolisian dalam UU Pemilu.

“Dalam UU Pemilu di antaranya tugas kepolisian disebutkan, memberikan pengamanan pada setiap kegiatan tahapan pemilu sampai tingkat TPS, sehingga nanti pemetaan data berapa personil KPU dijajarannya sampai tingkat KPPS dan TPS, juga berapa jumlah TPS kita bersinergi memperbarui data tersebut, sehingga nanti pasukan kepolisian yang akan digelar, bisa disiapkan sejak awal,” ujar Hasyim.

Tak hanya itu, sambung Hasyim, berdasar pengamanan saat hari pemungutan suara, saat distribusi logistik, KPU harus bersinergi dengan Polri untuk memetakan bersama daerah yang mungkin terluar dan tersulit untuk dijangkau. “Dalam audiensi KPU ke pak Kapolri beberapa waktu lalu, kami sampaikan mohon dukungan personil dan transportasi untuk layanan kepemiluan di daerah yang sulit dijangkau,” ungkap Hasyim.

Related posts

Eks Ketua Prihatin Bawaslu ‘Diam’ Soal Dugaan Kecurangan KPU

admin

MK Tolak Uji Materi UU IKN, Ini Alasannya

admin

TNI-Polri Gelar Rapim, Bahas Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

admin
Media Centre