Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
KPU : Penataan Dapil DPR Rampung Akhir Januari - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional PEMILU

KPU : Penataan Dapil DPR Rampung Akhir Januari

Anggota KPU Idham Holik (kiri) mengatakan, KPU menargetkan penataan ulang daerah pemilihan untuk Pemilu 2024 rampung pada akhir Januari 2024. (ilustrasi). Foto: istimewa.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan penataan daerah pemilihan (dapil) untuk anggota DPR dan DPRD Provinsi, tuntas pada akhir Januari 2023 dan segera ditetapkan, lantaran tahapan pencalonan anggota legislatif akan dimulai pada akhir April 2023. “Berdasarkan pembahasan rapat di internal, KPU berupaya secara maksimal agar kita selesaikan (penataan dapil) pada akhir Januari 2023,” kata Komisioner KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

Lanjut dikatakan Idham, saat ini KPU masih melakukan penyusunan dapil dan merumuskan aturannya. Apabila sudah rampung, KPU akan melakukan uji publik terhadap regulasi soal dapil dengan melibatkan pihak-pihak terkait, termasuk organisasi pemerhati pemilu dan jurnalis.

Seperti diberitakan, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, pada Kamis (29/12/2022), mengatakan, pihaknya akan menata ulang dapil DPR yang menggabungkan wilayah berjauhan atau biasa disebut dengan istilah dapil superman. Namun, Hasyim mengaku belum dapat bicara banyak soal dapil mana saja yang akan dirombak, maupun desain dapil ideal yang akan ditetapkan KPU.

“Saya belum bisa memastikan ya (bagaimana desain dapil terbaru) karena masih dalam kajian. Tapi intinya begini, yang harus dipertahankan adalah rambu-rambu proporsionalitas,” katanya.

Related posts

Presiden Minta REI Perhatikan Backlog Perumahan di Indonesia

admin

Wamenaker : IKN Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru, Namun Ada Tantangan

admin

Komisi VII : Kapolri Diminta Tindak Tegas Oknum Bekingi Tambang Ilegal

admin
Media Centre