Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
KY: Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu Kontroversial - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Nasional

KY: Putusan PN Jakpus Tunda Pemilu Kontroversial

Gedung PN Jakarta Pusat di Kemayoran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

JAKARTA – Komisi Yudisial (KY) menilai putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, yang mengabulkan tuntutan pemohon dari partai Prima, untuk menunda tahapan Pemilu 2024, merupakan putusan yang kontroversial.”Komisi Yudisial mencermati substansi putusan PN Jakarta Pusat, dan reaksi yang muncul dari putusan tersebut. Putusan tersebut pada prinsipnya menimbulkan tanda tanya dan kontroversi di tengah masyarakat,”  ujar Juru Bicara KY Miko Ginting dalam keterangan tertulis, Jumat (3/3) pagi.

Lebih lanjut Miko menjelasakan, putusan pengadilan seyogyanya mempertimbangkan banyak hal. Tidak lahir dari ruang hampa. Putusan pengadilan harus melihat aspirasi yang hidup di masyarakat secara sosiologis. Kemudian ada aspek yuridis, di mana kepatuhan terhadap UUD 1945 dan undang-undang sangatlah penting, serta pertimbangan-pertimbangan lain, seperti nilai-nilai demokrasi. “Kesemua itu menjadi bagian dari yang mesti digali oleh hakim dalam membuat putusan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Miko, KY akan melakukan pendalaman terhadap putusan itu, terutama untuk melihat apakah ada dugaan pelanggaran perilaku yang terjadi. “Salah satu bagian dari pendalaman itu, bisa jadi dengan memanggil hakim untuk dimintakan klarifikasi. Apabila ada dugaan yang kuat telah terjadi pelanggaran perilaku hakim, maka KY akan melakukan pemeriksaan terhadap hakim yang bersangkutan,” jelasnya.

Related posts

KPU Imbau Untuk Hindari Kekerasan Fisik dan Verbal Dalam Pemilu

admin

KPU Laksanakan Sistem Pemilu Sesuai Amanat UU

admin

Hasyim : 89,91 Persen Bacaleg DPR Status BMS, Dilengkapi Pada Masa Perbaikan

admin
Media Centre