Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Pemerintah Terbitkan 3 Peraturan Investasi KPBU di IKN - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Nasional

Pemerintah Terbitkan 3 Peraturan Investasi KPBU di IKN

Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara - Dok. Kementerian PUPR.

JAKARTA – Pemerintah secara resmi telah menerbitkan 3 peraturan terkait investasi, dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, menggunakan skema kerjasama antara pemerintah dan badan usaha atau KPBU.  Sebagimana dikatakan Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Khusus Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Raden Ari Widianto, bahwa peluncuran aturan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan IKN.  “Kebijakan baru ini diharapkan dapat menarik minat badan usaha, baik dalam maupun luar negeri untuk mempercepat pemindahan maupun penyediaan infrastruktur di ibu kota negara baru,” ungkapnya dalam acara Peluncuran dan Sosialisasi Peraturan Pelaksana KPBU di Ibu Kota Nusantara, Kamis (9/2/2023).

Ketiga peraturan tersebut, lahir dari 3 kementerian/Lembaga, yaitu Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan dan LKPP. Pertama, yaitu Peraturan Menteri PPN/Bappenas No. 6/2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan KPBU di IKN.  Kedua, Kemenkeu menerbitkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yakni PMK No. 220/2022 tentang Dukungan Pemerintah untuk KPBU serta Pembiayaan Kreatif Dalam Rangka Percepatan Penyediaan Infrastruktur di IKN.  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga mengeluarkan PMK No. 139/2022 yang berisi terkait fasilitas pemanfaatan barang milik negara (BMN) dalam pemindahan BMN ke IKN.

Related posts

Presiden Jokowi Pantau Progress Pembangunan IKN

admin

Menkeu Siapkan Anggaran Jika Pilpres Digelar 2 Putaran

admin

Kepala Otorita Ungkap Perkembangan Terbaru Pembangunan IKN

admin
Media Centre