Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Pendidikan Pemilih, Dorong Terwujudnya Pemilu Berintegritas - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
PEMILU

Pendidikan Pemilih, Dorong Terwujudnya Pemilu Berintegritas

Anggota KPU RI, August Mellaz. foto kpu.go.id.

JAKARTA − Karakter pemilih ideal, harus memiliki pengetahuan dan keterampilan, agar dapat berpartisipasi bermakna dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024. Untuk itu, sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada semua segmen masyarakat harus melalui program berkelanjutan, agar masyarakat dapat menjadi pemilih cerdas, aktif, dan kritis, guna mendorong terwujudnya penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan berkualitas dan berintegritas.

Hal tersebut disampaikan Anggota KPU, August Mellaz, sebagaimana dilansir melalui laman kpu.go.id, bahwa “Dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menganalisa tiap komunitas pemilih, maka diharapkan KPU dapat menjalankan proses sosialisasi dengan lebih masif serta pendidikan pemilih dengan lebih efisien, efektif, dan berkelanjutan,” kata Mellaz saat menyampaikan arahan dalam pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Modul untuk Komunitas dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Lanjutnya dikatakan Mellaz,  tanggung jawab sosialisasi dan pendidikan pemilih sebenarnya tidak hanya terletak di pundak KPU, tetapi harus melibatkan multipihak seperti pemerintah, pemerintah daerah, Komisi II DPR, NGO/OMS pemerhati Pemilu, media, institusi pendidikan, dan lainnya.

“Untuk itu, desain atau model sosialisasi dan pendidikan pemilih harus lebih variatif, sesuai dengan profil pemilih yang menjadi sasaran. Pemetaan pemilih menjadi dasar utama, menyusun desain pendidikan pemilih yang dibutuhkan masing-masing segmen atau komunitas,” tambahnya.

Related posts

KPU : Penyerahan Dukungan Balon Anggota DPD RI Hingga 29 Desember

admin

DPR RI Apresiasi KPU Revisi PKPU No.10/2023, tentang Keterwakilan Perempuan

admin

6 Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo versi Jokowi dan GP Ansor

admin
Media Centre