Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Verifikasi Parpol Untuk Memastikan Keabsahan Peserta Pemilu 2024 - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
News

Verifikasi Parpol Untuk Memastikan Keabsahan Peserta Pemilu 2024

Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan tampilan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (24/6/2022). KPU meluncurkan Sipol Pemilu 2024 dan telah membuka aksesnya untuk memperlancar proses pendaftaran dan verifikasi partai politik. foto antara news.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu saat ini tengah melakukan verifikasi terhadap 24 parpol yang berkasnya pendaftarannya dinyatakan lengkap, sedangkan 16 parpol lainnya yang berkasnya tidak lengkap dinyatakan tidak lolos.

Adapun ke-24 parpol yang lolos ke tahap selanjutnya, yakni PDI Perjuangan, PKP, PKS, PBB, Perindo, NasDem, Partai Kebangkitan Nusantara, Garuda, Demokrat, Partai Gelora, Hanura, Gerindra, PKB, PSI, PAN, Golkar, PPP, Prima, Partai Buruh, Partai Republik, Partai Ummat, Partai Republiku Indonesia, Parsindo, dan Partai Republik Satu, KPU melakukan  verifikasi administrasi parpol hingga 11 September 2022, guna meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen partai politik, termasuk di antaranya meliputi dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang tak memenuhi syarat (TMS), seperti tercatat sebagai penyelenggara pemilu atau anggota TNI-Polri dan kepala desa.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPD itu, verifikasi administrasi dilakukan terhadap dokumen-dokumen, antara lain, Berita Negara yang menyatakan partai politik terdaftar sebagai badan hukum; salinan AD dan ART.

Kemudian, keputusan pimpinan partai politik tingkat pusat tentang pemenuhan syarat kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan, serta keterwakilan minimal 30 persen perempuan; memiliki kepengurusan di seluruh provinsi, pengurus 75 persen di kabupaten/kota, dan 50 persen pengurus di tingkat kecamatan; memiliki anggota 1.000 yang dibuktikan dengan kepemilikan KTA dan KTP; dan surat keterangan sebagai badan hukum yang memuat pendaftaran nama, lambang, dan tanda gambar partai politik.

Untuk melakukan verifikasi 24 parpol yang masuk tahap selanjutnya, KPU membentuk 8 tim dan 6 di antaranya bertugas melakukan verifikasi berkas yang diajukan parpol dan sudah diunggah ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

Adapun seluruh tim dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bernad Dermawan Sutrisno, sementara anggota timnya merupakan seluruh pegawai KPU.

Tim pertama merupakan tim helpdesk yang berada di kantor KPU, yang bertugas melayani segala macam perkembangan informasi terkait pendaftaran partai politik. Tim ini bakal berhubungan dengan pejabat penghubung partai politik yang mendaftar sebagai peserta pemilu.

Kedua, adalah tim umum yang memberikan dukungan segala macam keperluan terkait prasarana dukungan untuk tim helpdesk, pendaftaran dan juga tim investigasi.

Related posts

KPU Sempurnakan Grand Design Sosdiklih dan Parmas

admin

Menuju Pemilu 2024, Partai Hanura Gelar Rakornas Dihadiri 34 Ketua DPD

admin

Bawaslu Minta Kewenangan Investigasi Pelanggaran Pemilu Diperkuat

admin
Media Centre