Warning: Constant WP_MEMORY_LIMIT already defined in /home/u8660474/public_html/dpdhanurakaltim.com/wp-config.php on line 87
Warga Adat Suku Balik Tolak Relokasi dari Proyek Pembangunan IKN - Web Resmi DPD Hanura Kaltim
Web Resmi DPD Hanura Kaltim
IKN NUSANTARA Kaltim SAMARINDA

Warga Adat Suku Balik Tolak Relokasi dari Proyek Pembangunan IKN

Kepala Suku Balik, Sibukdin, di Kelurahan Sepaku, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

SAMARINDA – Puluhan warga adat Suku Balik, Kelurahan Sepaku Lama, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim menolak rencana penggusuran rumah yang berada di kawasan Sungai Sepaku, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Resistansi itu terjadi, menyusul proyek penanganan banjir Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp242 miliar.

Pernyataan sikap tersebut tegas disuarakan lewat spanduk dan baliho pada 13 Maret 2023. Sebagian besar spanduk bertuliskan,Masyarakat Adat Menolak Penggusuran Situs-Situs Sejarah Leluhur, Masyarakat Adat Balik Menolak Program Penggusuran Kampung di IKN dan Masyarakat Adat Balik Menolak Relokasi. “Protes ini diikuti petinggi adat, pemuda dan perempuan. Total ada 80 warga di Sepaku Lama dan Pamaluan yang turut dalam aksi,” ujar Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, Mareta Sari pada  Selasa (14/3).

Sejumlah Warga suku adat balik di PPU bentangkan spanduk, tolak relokasi akibat proyek pembangunan IKN. foto istimewa.

Related posts

Hadi : 5 RDTR IKN Akan Ditetapkan Otorita IKN Jadi Perka

admin

Presiden Terima Chief Executive Hong Kong, Bahas Investasi hingga Perlindungan WNI

admin

Jokowi Puji Inggris Hibahkan US$ 11 Juta, Presiden Berharap IKN Kebagian

admin
Media Centre